Cara Menanam Pohon Kelor Yang Kaya Manfaat


Cara Menanam Pohon Kelor - Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur. Nama umum Indonesia: Kelor, limaran (Jawa) Inggris : Moringa, ben-oil tree, clarifier tree, drumstick tree Melayu : kalor, merunggai, sajina Vietnam : Chùm ngây Thailand : ma-rum Pilipina : Malunggay. (sumber:wikipedia).

cara menanam kelor, manfaat kelor, pohon kelor, daun kelor

Cara budidaya pohon kelor dapat dilakukan dengan biji juga bisa dilakukan dengan stek batang. Tanaman ini cukup mudah tumbuh dan memiliki daya tahan yang baik terhadap perubahan musim. Untuk menanam kelor dapat dilakukan dengan beberpa langkah berikut:

Menyiapkan Bibit Kelor

Jika anda akan menanam pohon kelor dengan biji, maka langkah yang harus dilakukan adalah memilih biji kelor yang berkualitas baik dari polong kelor yang sudah tua. Buka kulit polongnya dan ambil biji kelor tersebut. Jemur biji di terik matahari selama 1 hari, angkat dan letakkan di area yang teduh. 

Siapkan nampan semaian atau pelatik polybag (dapat juga disemai di tanah dengan membuat bedengan atau guludan). Isi nampan semai atau polybag dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Biji kelor direndam terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat sebelam ditanam, pilih biji kelor yang tenggelam saja dan buang biji kelor yang mengapung. Setelah itu tanamlah biji ke area persemaian. Letakkan nampan atau polybag di area yang teduh, lakukan penyiraman secara teratur untuk menjaga kelembabakan semaian, namun jangan menyiram terlalu basah (dikhawatirkan akan menyebabkan biji kelor busuk). Biji kelor akan berkecambah setelah 7-12 hari setelah disemai.

Setelah biji tumbuh mencapat 15cm, pindahkan ke polybag yang lebih besar sampai bibit kelor akan dipindah ke lahan tanam permanen.

Selain dengan biji, pohon kelor dapat dibudidayakan dengan sistem stek batang. Potong salah satu tangkai batang pohon kelor dengan menggunakan pisau yang tajam dan bersih dengan panjang sekitar 30cm-50cm. Tangkai batang yang dipilih sebaiknya adalah tangkai yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda (diameter sekitar 3-5cm). Pemotongan sebaiknya datar agar area akar yang tumbuh semakin banyak. Masukkan potongan tangkai pohon kelor ke polybag dan letakkan di area yang teduh, lakukan penyiraman sampai bibit kelor tumbuh.
kelor, cara menanam kelor
Pic/Kelor/wikipedia

Menyiapkan Lubang Tanam

Buat lubang tanam dengan ukuran 40cm x40cm dengan kedalaman 30cm-40cm, isi dengan pupuk kandang dan biarkan lubang selama 1 minggu sebelum ditanami.
 
Menanam Kelor

Bibit kelor yang telah tumbuh dan mencapai ketinggian 30-50cm untuk bibit hasil semai biji dapat dipindahkan ke lubang tanam yang telah disiapkan. Robek polybag secara perlahan dan masukkan bibit ke lubang tanam yang telah dibuat. tutup kembali lubang tanam dengan tanah sisa disekitar lubang, kemudian padatkan. Lakukan penyiraman sesaat setelah penanaman selesai.

Jika bibit dari hasil stek, bibit dapat dipindahkan jika bibit kelor sudah tumbuh dan mengeluarkan daun-daun yang segar serta akar sudah keluar dari batang yang distek.  Buka polybag secara perlahan dan tanamlah bibit kelubang, lakukan penutupan lubang dan kemudian padatkan.

Merawat Pohon Kelor

Perawatan pohon kelor tidak begitu sulit, cukup dengan penyiraman yang rutin dan pemangkasan batang jika diperlukan.

Cukup mudah bukan menanam pohon kelor, biasanya jika diperkarangan rumah kebanyakan orang akan langsung menancapkan potongan tangkai kelor ke tanah untuk menanamnya. Pohon kelor sekilas seperti pohon sengon jika dilihat dari daunnya. Pohon kelor cukup mudah tumbuh, selain itu juga daun kelor banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat daun kelor bagi kesehatan : mengatasi alergi, mengobati herpes dan luka-luka gatal, mengobati rematik, menyegarkan mata, dan menghilangkan flek hitam pada wajah.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 11:49 PM

0 komentar:

Post a Comment