Trik Berhasil Menanam Belimbing


Cara Menanam Belimbing Bangkok Manis Agar Cepat Berbuah - Buah belimbing yang menjadi ikon kota Depok sejak tahun 2007 ini merupakan jenis tanaman buah yang memiliki bentuk penampang buah seperti bintang jika dipotong. Buah ini mengandung banyak vitamin C. Rasanya manis dan sedikit masam, dan terasa renyah saat digigit dengan kandungan air yang banyak. Selain rasanya yang segar, buah belimbing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia yang mengkonsumsinya, diantaranya:

cara menanam belimbing di pot

  1. Pencegah kanker, kandungan vitamin C dalam buah belimbing marupakan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh.
  2. Mengatasi tekanan darah tinggi, belimbing mengandung komponen penting yang dapat menjaga denyut jantung seperti kalium. Sebagian terapi untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan jantung adalah menggunakan terapi belimbing.
  3. Melancarkan pencernaan, Serat yang ada dalam buah belimbing membantu memperlancar pencernaan.
  4. Mengurangi kadar kolesterol, zat Pektin dalam buah belimbing mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya.
Selain manfaat-manfaat di atas, buah belimbing masih banyak lagi memiliki manfaat bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Tanaman Belimbing juga tidak sulit untuk dibudidayakan, tanaman ini relatif mudah hidup terutama di daerah tropis. Untuk menanam pohon belimbing dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut.

Menyiapkan Bibit

Untuk menyiapkan bibit belimbing dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu melalui biji dan melalui vegetatif (cangkok/okulasi). Jika anda ingin menghasilakan bibit dari biji, maka pilihlah belimbing yang tua, akan lebih baik lagi biarkan buah sampai benar-benar matang dipohon dan terjatuh dengan sendirinya.

Belah buah belimbing dan ambil biji-bijinya, jemur di terik matahari sekitar 1 hari dan angkat. Letakkan biji belimbing di tisu atau kain lembab dan letakkan di lemari pendingin selama 3-5 hari. Setelah itu keluarkan dari lemari pendingin, dan tanamlah biji ke media penyemaian. Media penyemaian dapat dibuat dari polybag atau pot kecil yang diisi tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Biji belimbing akan mengeluarkan tunas sekitar 6-7 hari dari penanaman. Biarkan bibit sampai tingginya mencapai 20cm sebelum dipindahkan ke lokasi tanam permanen. Penanaman buah belimbing dengan biji frelatih akan lama menghasilkan buah.

Untuk menghasilkan pohon belimbing yang cepat berbuah dapat dilakukan dengan menyiapkan bibit dengan cara mencangkok batang belimbing yang diinginkan, atau membeli bibit dari kios-kios pertanian yang menjual bibit cangkokan.

Membuat Lubang Tanam

Bibit belimbing yang telah disiapkan dapat ditanam di tanah secara langsung, juga dapat ditanam di pot sebagai tanaman buah dalam pot (tabulamot) yang juga berfungsi sebagai hiasan.

Jika anda menginginkan tanaman belimbing ditanam di tanah secara langsung, maka buatlah lubang dengan ukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 40cm. Isi lubang dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos sampai 2/3 bagian terisi. Biarkan lubang selama 1 minggu sebelum ditanami.

Jika anda ingin menanam belimbing di pot, maka siapkan pot yang besar atau drum bekas yang dipotonmg menjadi 2bagian. Isi pot dengan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 dan biarkan 1 minggu sebelum ditanami.

Menanam Pohon Belimbing

Setelah bibit belimbing mencapai tinggi 20cm atau bibit hasil cangkokan telah disiapkan, maka bibit dapat dipindahkan ke dalam lubang tanam yang disiapkan. Buka peplastik polybag secara perlahan agar tanah semaian atau tanah cangkokan tidak terhambur, masukkan bibit belimbing ke lubang tanam atau pot yang telah disediakan. Lakukan penutupan dengan tanah sisa yang ada disekitar lubang. Lakukan penyiraman setelah penanaman selesai dilakukan.
 
Melakukan Perawatan

Tanaman belimbing tidak memerlukan perawatan yang sulit, cukup bersihkan tumbuhan liar yang ada disekitarnya. Jangan menanam pohon belimbing di area yang terlindung, karena pohon belimbing membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Lakukan pemangkasan jika pohon belimbing sudah tinggi untuk mendapatkan pohon belimbing yang sesuai keinginan.

Pemupukan dapat dilakukan dengan memeberikan pupuk kandang secara berkala setiap 1 bulan sekali dengan cara menggali tanah disekitar akar pohon dan menaburkan pupuk ke dalam lubang tersebut.

Itulah beberapa langkah mudah cara menanam belimbing baik di halaman rumah amaupun di dalam pot. Tanaman ini sangat segar jika dimakan pada siang hari yang panas, dan juga dapat dijadikan campuran buah di rujak.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:30 PM

0 komentar:

Post a Comment