Baca ini dulu Sebelum Menanam Lengkuas di Polybag


Cara Menanam Lengkuas/Laos di Polybag - Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah. (sumber: Wikipedia)
Tanaman lengkuas yang kerap dijadikan bahan bumbu masakan dan jamu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya, diantaranya:
  1. Dapat menurunkan risiko rematik,
  2. Mencegah penuaan dini
  3. Mencegah peradangan di dalam mulut, dan menghilangkan bau mulut
  4. Mengurangi risiko kanker
  5. Menurunkan demam
cara menanam lengkuas, cara menanam laos

Masih banyak lagi manfaat lengkuas bagi kesehatan jika dikonsumsi secara teratur, dan untuk membudidayakannya juga tidak terlalu sulit. Cara menanam lengkuas sama seperti cara menanam jahe dan cara menanam kencur di polybag, cukup dengan menanam rimpangnya ke dalam Tanah maka akan muncul tunas dengan sendirinya.

Menyiapkan Bibit Lengkuas

Memilih bibit merupakan langkah kunci awal untuk menentukan keberhasilan budidaya lengkuas, bibit yang dipilih sebaiknya dari tanaman lengkuas yang anda tahu kondisi induknya. Carilah bibit Lengkuas dari petani lengkuas secara langsung, pilih rimpang dari pohon lengkuas yang tua, sehat dan tidak diserang hama.

Dalam menyiapkan bibit biasanya akan dilakukan penyemaian, penyemaian dapat dilakukan dengan menyimpan rimpang lengkuas di dalam peti kayu secara berlapis dan setiap lapis diberi sekam padi. Namun jika anda tidak ingin repot, bibit lengkuas dapat langsung ditanam ke tempat penanaman yang diiinginkan seperti polybag atau pot.

Sebelum ditanam atau disemai, sebaiknya rimpang lengkuas dicuci dan dijemur terlebih dahulu selama 5-6 jam.

Menyiapkan Polybag/pot

Isi polybag dengan campuran tanah dan pupuk kandang dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1. Isi sampai 3/4 bagian polybag terisi, biarkan polybag selama 1 minggu sebelum ditanami. Letakkan polybag di tempat yang teduh namun tetap terkena sinar matahari.

Menanam Lengkuas

Tanamlah bibit hasil semaian atau rimpang lengkuas secara langsung, isikan 2-3 rimpang dalam setiap polybag, dan tutup menggunakan tanah dibagian atasnya. Lakukan penyiraman setelah bibit lengkuas ditanam. Penyiraman selanjutnya dapat dilakukan sekali dalam sehari agar tidak terlalu basah yang dikhawatirkan akan membuat rimpang lengkuas membusuk.

Merawat Lengkuas

Perawatan terhadap lengkuas tidak begitu rumit, sama dengan cara merawat jahe dan kencur. Cukup dengan menyiangi rumput liar yang tumbuh di polybag, dan memberikan pupuk kandang tambahan setelah 1 bulan penanaman.

Demikian langkah singkat cara menanam lengkuas dalam polybag atau pot yang baik dan benar, selain di polybag, lengkuas juga bisa dibudidayakan di kebun. cukup dengan membuat galengan atau bedengan dan lengkuas dapat ditanam di bedengan.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:53 PM

0 komentar:

Post a Comment