Baca Ini Sebelum Menanam Bunga Melati


Cara Menanam Bunga Melati Putih Dalam Pot Yang Benar - Bunga melati putih di Indonesia dijadikan sebagai simbol negara yang sering disebut dengan Puspa Bangsa. Tanaman bunga melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Bunga Melati memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya:
  1. Mencegah kolesterol
  2. Mencegah penuaan dini
  3. Mengobati stress
  4. Mengobati sakit mata
  5. Mengobati sakit kepala dan sesak nafas
  6. Mengobati radang usus dan ginjal
  7. Mengobati demam berdarah
cara menanam bunga melati

Untuk membudidayakan bunga mawar tidak berbeda dengan cara menanam bunga mawar, cara yang digunakan adalah dengan biji dan dengan stek batang. Jika ingin mendapatkan bunga melati yang cepat jadi dan berbunga dapat dilakukan secara stek (vegetative). Berikut langkah-langkah menanam bunga melati dengan stek batang: 

Pembibitan

Untuk melakukan pembibitan bunga melati dapat dilakukan dengan memilih batang bunga melati yang kondisinya baik, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Potong tangkai sekitar 10-15cm dari pucuk dan kurangi daun-daunnya. Gunakan pisau yang tajam atau pisau cutter baru (jangan gunakan pisau dapur).

Siapkan beberapa (sesuai jumlah yang diinginkan) polybag kecil sisi dengan campuran Tanah, pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Tancapkan tangkai melati yang telah dipotong tadi sedalam 5 cm, letakkan polybag pembibitan di area yang teduh, bila peril buatkan atap menggunakan daun-daun dan lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari. Jangan terlalu basah saat melakukan penyiraman, dikhawatirkan tangkai akan busuk.

Lakukan penyulaman untuk tangkai yang tidak tumbuh, bibit melati hanya bisa dipindahkan ke lokasi tanam permanen jika sudah mempunyai tangkai-tangkai baru. 

Penanaman Bibit Bunga Melati

Setelah bibit tumbuh tunas-tunas baru dan mulai tumbuh normal, bibit dapat dipindahkan ke pot atau lahan perkarangan rumah. Jika bunga melati akan ditanam di pot bunga, siapkan pot yang besar dan isi dengan campuran Tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1, biarkan selama 1 minggu sebelum bibit melati di pindahkan ke pot. Jika diperkarangan rumah, maka buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman 20-25cm. Masukkan pupuk kandang sampai 2/3 bagian terisi, biarkan lubang selama 1 minggu sebelum ditanami.

Setelah pot atau lubang tanam didiamkan selama 1 minggu, bibit bunga melati dapat dipindahkan. Robek pelastik polybag yang digunakan untuk penyemaian secara perlahan, usahakan tanah yang ada jangan pecah. Masukkan bibit ke dalam lubang secara perlahan, dan tutup dengan tanah sisa yang ada disekitar lubang. Siramlah setelah penanaman dilakukan.

Perawatan Bunga Melati

bunga melati, cara menanam melati yang benar
Perawatan bunga melati cukup dengan melakukan penyiangan rumput-rumput liar dan melakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore. Jika ingin memperoleh hasil yang lebih baik, lakukan pemupukan dengan NPK. Jangan terlalu banyak, cukup 1 sendok makan saja.

Lakukan pemotongan tangkai-tangkai untuk menghasilkan bentuk tanaman bunga melati yang sesuai keinginan dan agar menghasilkan tunas semakin banyak sehingga akan menghasilkan bunga melati yang banyak juga.


Itulah beberapa tips cara menanam bunga melati dengan cara stek batang, bunga melati selain kaya akan manfaat bagi kesehatan, juga memiliki nilai estetika untuk menghiasi halaman rumah anda.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:45 PM

0 komentar:

Post a Comment