Ternyata Ini Kunci Berhasil Menanam Adenium


Cara Menanam Adenium dari Biji - Bunga kamboja jepang yang sering dikenal dengan sebutan Adenium ini banyak digandrungi oleh penggemar tanaman. Tidak kalah dengan kamboja bali, bentuknya yang unik dengan bonggol-bonggolnya dan bunganya yang cerah sangat menarik menghiasai rumah, dan bonsainya juga menghiasi meja-meja ruang tamu.
cara menanam bunga adenium, cara membuat bonsai adenium
Bonsai merupakan teknik pengkerdilan tanaman dengan cara menghambat pertumbuhan tanaman tersebut, biasanya ini dilakukan pada tanaman yang memiliki kayu (batang). Namun ternyata tidak selamanya harus berkayu, keindahan bonsai Adenium sudah mematahkan anggapan beberapa kalangan tentang syarat bonsai harus berkayu.
Jenis-jenis adenium yang banyak dikenal adalah :
  1. Adenium Obesum
  2. Adenium Multiflorum
  3. Adenium Arabicum
  4. Adenium Swazicum
  5. Adenium Oleifolium
  6. Adenium Somalense
  7. Adenium Crispum
  8. Adenium Boehmianium
  9. Adenium Socotranum
Untuk menanam Bunga Adenium menjadi bonsai yang Indah di dalam pot dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut: 


Menyiapkan Bibit Adenium

Ketika ingin membuat Bonsai Adenium, yang perlu disiapkan adalah memilih tanaman adenium yang sehat. Ambil biji yang sudah tua, yang kulit buahnya sudah mongering. Lakukan penjemuran sekitar 5-6 jam di terik matahari setelah biji adenium didapat.  Penjemuran dilakukan untuk mengurangi kadar air dalam biji, sehingga tidak mudah membusuk.
bibit adenium, buah adenium, adenium
Biji Adenium

Biji yang telah dijemur diangkat dan diletakkan di tempat yang teduh. Untuk melakukan penyemaian, maka perlu disiapkan media semai. Media semai dapat dibuat dari pot atau polybag yang diisi dengan campuran Tanah dan sekam padi dengan perbandingan 1:2 (1 Tanah : 2 Sekam). Isi sampai 2/3 bagian pot terisi,dan 1/3nya biarkan untuk memberi ruang tumbuh. Tutup dengan plastic transparan yang telah diberi lubang-lubang kecil menggunakan jarum.

Letakkan media semai di area yang teduh, jangan terkena sinar matahari secara langsung. lakukan penyiraman menggunakan spray (jangan terlalu basah, agar biji adenium tidak busuk). Setelah sekitar 1 minggu, biji adenium biasanya akan mengeluarkan tunas, buka plastic penutup dan biarkan media semai tetap pada tempatnya.

Bibit Adenium baru bisa dipindahkan ke pot kecil atau polybag baru setelah berumur 2 bulan atau sudah memiliki daun sebanyak minimal 6 helai. Penyemaian berikutnya untuk memisahkan adenium pada wadah tersendiri satu persatu . Setelah tanaman bunga adenium memiliki ketinggian 20cm, maka bunga adenium dapat dipindah ke lahan tanam permanen.

Menyiapkan Lahan Tanam

Yang perlu diingat bahwa bunga adenium tidak menyukai lahan tanam yang lembab, dan memerlukan sinar matahari yang banyak. oleh karena itu, jika anda ingin menanam adenium di Tanah halaman rumah secara langsung, maka anda harus memastikan Tanah anda memiliki porositas yang baik (mudah meloloskan air seperti pasir) dan mendapatkan cukup sinar matahari. Buatlah lubang dengan kedalaman 20cm meter dan diisi dengan campuran pupuk kandang dan pasir.

Jika anda ingin menanam adenium di pot, maka isilah pot bunga anda dengan campuran Tanah gembur, pasir dan sekam padi atau pupuk kandang yang dibakar dengan perbandingan 1 : 2 : 1 (1 Tanah : 2 Pasir :1 pupuk kandang). Namun sebelumnya masukkanlah pecahan genting atau batu split pada dasar pot, untuk menjaga agar air mudah mengalir dan tidak tertahan di dalam pot.

Lubang tanam atau pot yang diguanakn sebagai lahan tanam permanen sebaiknya dibiarkan selama 1 minggu sebelum ditanami, ini bertujuan untuk menstabilkan kondisi unsur hara dalam Tanah akibat penggalian, dan untuk memberikan kesempatan pupuk tercampur sempurna dalam Tanah.

Memindahkan Adenium

Adenium yang telah memiliki tinggi sekitar 20cm dan memiliki daun banyak dapat dipindahkan ke lahan tanam permanen yang disiapkan. Buka polybag secara perlahan, dan pindahkan bibit adenium ke lahan tanam secara perlahan agar Tanah semaian tidak hancur. Kemudian lakukan penutupan dengan Tanah sisa yang ada.
cara menanam adenium dari biji, cara menanam adenium dari batang dalam pot
Pic/thailandadenium.com

Letakkan pot di area yang teduh sampai tanaman adenium sudah tumbuh. Lakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban Tanah (namun jangan terlalu basah) menggunakan spray.

Merawat dan membentuk Adenium

Pohon adenium dapat dibentuk sesuai keinginan dengan cara memotong batang dan akar serta mengatur kelokan bantang menggunakan kawat sesuai keinginan. Pemupukan juga tetap harus dilakukan serta penyiraman sesekali tetap harus dilakukan walaupun adenium adalah tumbuhan yang tahan terhadap kekeringan.

Selamat mencoba tips menanam bunga adenium, bunga adenium  ini akan semakin Indah jika anda mampu berkreasi dengan membentuk bonsai yang unik. Selain itu juga tanaman ini harga jualnya mahal jika sudah menjadi tanaman bonsai di pot. Akar-akar yang kekar keluar dari media tanamnya dan bentuk batangnya serta bunganya yang unit menjadi penghias teras rumah anda.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:32 PM

0 komentar:

Post a Comment