Baca Rahasia Sukses Menanam Buah Semangka


Cara Menanam Buah Semangka Yang Benar - Semangka (Citrullus lanatus) adalah jenis tanaman buah merambat, tanaman yang berasal dari afrika selatan ini masih kerabat dengan labu-labuan, melon,dan ketimun. Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning. Tanaman ini cukup tahan akan kekeringan terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah. Buahnya sangat segar jika dimakan pada cuaca yang sedang terik.


Buah semangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin, diantaranya:
  1. Menjaga kelembaban kulit, kadar air yang banyak di buah semangka akan membantu mengatasi kulit yang kering dan mencegah terjadinya dehidrasi.
  2. Menajaga kesehatan ginjal, kalium yang terdapat dalam buah semangka dapat membersihkan racun-racun sehinga membantu kerja ginjal.
  3. Mengurangi risiko Stroke, kandungan karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi . Kandungan kalium semangka juga berperan untuk menurunkan tekanan daran darah.
Itulah beberapa manfaat dari semangka, tentunya masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi semangka seperti berfungsi sebagai antioksidan, anti inflamasi, mecegah sariawan, dapat meremajakan kulit. Tanaman buah semangka juga tidak sulit untuk dibudidayakan, lakukan beberpa langkah ini agar sukses dalam menanam semangka.


Menyiapkan Bibit

Pilihlah bibit semangka sesuai dengan keinginan anda, semangka dengan daging buah berwarna merah atau berwarna kuning. Bibit Semangka dapat diperoleh di kios-kios pertanian, baca dan periksa kemasan bibit dengan benar. Jangan sampai ada kerusakan kemasan dan kadaluarsa.

Periksa juga syarat tumbuh dari jenis semangka yang ada, dan sesuaikan dengan kondisi di daerah anda. Pada dasarnya tanamannya semangka dapat tumbuh dengan mudah di semua daerah tropis baik dataran rendah maupun tinggi.

Bibit semangka dapat langsung di tanam ke lahan tanam permanen, tapi juga bisa dilakukan penyemaian terlebih dahulu. Namun agar tidak repot sebaiknya biji semangka dapat langsung ditanam ke lahan tanam permanen.

Menyiapkan Lahan

Lahan tanam harus digemburkan terlebih dahulu menggunakan bajak atau cangkul, setelah itu bentuklah bedengan dengan ukuran lebar 80cm - 120cm meter dan ketinggian 40 cm. taburkan pupuk kandang secara merata dan jika ada jerami sisa panen padi dapat juga ditebarkan di atas tegalan. Biarkan lahan taman selama seminggu sebelum ditanami.


Menanam Biji Semangka

Seperti halnya menanam kedelai di sawah atau menanam jagung, biji semangka ditanam dengan bantuan tugal (kayu yang diruncingkan). Buatlah lubang dengan cara menghujamkan tugal ke tanah dengan jarak 30 cm x 30cm antar lubang tanam.

Masukkan 2-3 biji semangka ke dalam lubang tanam, dan lakukan penutupan lubang dengan menekan tanah yang ada diskitar lubangnya secara perlahan. Biji semangka akan tumbuh dan muncul tunas pada umur sekitar 7-10 hari setelah tanam. Lakukan penyiaraman secara rutin pagi dan sore hari, terutama saat musim kemarau. Jika musim penguhujan tanaman cukup disiram 2 hari sekali.

Perawatan Tanaman Semangka

Lakukan penyulaman jika biji yang ditanam tidak tumbuh, bersihkan rumput-rumput yang tumbuh di sekitar tanaman. Dan lakukan pemupukan dengan upuk kandang pada umur 3 minggu, jika diperlukan lakukan pemupukan dengan pupuk kimia yaitu pupuk NPK secukupnya.

Panen

Buah semangka bisa dipanen pada usia 4 bulan, ciri-cirinya adalah dapat dengan mengetuk buah semangka. Jika suaranya sudah sedikit menggaung (kabur) maka buah sudah matang. Jangan memanen buah semangka sebelum waktunya, karena rasanya tidak akan manis.

Untuk memanen semangka dapat dilakukan dengan memotong tangkai buahnya menggunakan pisau atau gunting panen.

Itulah beberapa manfaat semangka bagi kesehatan dan cara menanam semangka agar berhasil. Cara budidaya semangka yang sangat mudah ini akan membantu anda menghasilkan penen banyak dan berkualitas.

Keywords : cara menanam semangka, cara menanam semangka dalam polybag, cara menanam semangka tanpa biji

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:48 PM

0 komentar:

Post a Comment