Tips Berhasil Menanam Mawar Dengan Stek Batang


Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Stek Batang- Mawar merupakan jenis tanaman semak yang memiliki banyak jenis. Tanaman ini pada umumnya memiliki duri pada batangnya yang berfungsi untuk pengait atau pegangan ke tanaman lain saat tumbuh, dan juga untuk berlindung dari serangan pemakan tanaman. Bunga mawar dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dari air yang terkandung pada bunganya. Air Bunga mawar bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, kesehatan kulit, kesehatan rambut, dan dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

cara menanam bunga mawar
Cara budidaya Bunga mawar dapat dilakukan dengan biji dan juga dengan stek batang, tanaman ini sangat cocok tumbuh di daerah yang dingin dan beberapa jenis tanaman mawar dapat tumbuh baik di daerah beriklim tropis. 

Cara Menanam Mawar dengan Stek Batang

Menanam bunga mawar dengan cara stek batang (vegetative) lebih mudah dibanding dengan cara menanam mawar dari biji, dan kemungkinan tumbuhnya juga lebih tinggi. Cara menanam dengan stek dapat dilakukan dengan beberpa langkah berikut.
  1. Pilih jenis mawar yang disukai
  2. Pilih batang yang sudah tua dan memiliki bakal tunas
  3. Siapkan media tanam (polybag / pot), isi dengan pasir, kompos atau pupuk kandang, dan sekam yang telah dibakar dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
  4. Potong batang sepanjang 10 -15 cm secara menyerong dengan tunas diusahakan pada bagian tengah batang.
  5. Rendam dengan cairan perangsang akar selama 2-3 jam.
  6. Tancapkan batang mawar ke polybag atau pot yang telah disediakan. Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari agar menjaga tanaman tetap lembab, jangan sampai terlalu basah agar batang tanaman mawar tidak membusuk.
  7. Letakkan polybag di tempat yang tidak terlalu panas, namun tetap mendapat sinar matahari.

Tanaman mawar dapat dipindahkan ke lahan tanam permanen setelah mawar memiliki akar dan daun yang banyak. Sungguh sangat lebih mudah menanam mawar dengan stek batang dibanding dengan menanam dari biji, perawatan dan pemupukan tentunya sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dan keindahan bunga mawar setelah penanaman.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:29 PM

0 komentar:

Post a Comment