Cara Menanam Buah Anggur Yang Harus Anda Baca


Cara Menanam Buah Anggur Yang Benar - Anggur merupakan jenis tanaman perdu yang memiliki buah dengan rasa manis dan sedikit asam sehingga terasa sangat segar, anggur dimanfaatkan sebagai minuman jus dan juga bisa langsung dimakan. Buah anggur dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan, beberapa manfaat buah anggur bagi kesehatan adalah sebagai berikut:
  1. Mengatasi Migrain, Jus anggur merupakan obat alami untuk mengatsi keluhan migraine.
  2. Mengatasi penyakit Jantung, kandungan polifenol dan resveratrol dalam buah anggur dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan membunuh sel kanker.
  3. Mengatasi radikal bebas, kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah anggur berfungsi untuk menangkal radikal bebas.
anggur

Beberapa manfaat buah anggur di atas hanya sedikit dari sekian banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, seperti memperlancar pencernaan, mengatasi insomnia, mengatasi kerusakan mata. Tanaman yang kaya akan manfaat ini juga tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan, tanaman buah anggur dapat hidup dengan mudah di daerah tropis. Berikut adalah langkah-langkah menanam anggur yang benar: 

Memilih Bibit Anggur

Begitu banyak jenis anggur yang ada di dunia ini, pilih bibit anggur dari varietas yang anda sukai, dan sesuai dengan kondisi iklim yang ada di daerah anda. Setelah mengetahui jenis anggur yang anda inginkan, langkah selanjutnya adalah mengambil bijinya.

buah anggur
Buah Anggur
Untuk mendapatkan biji anggur dapat diperoleh dari buah yang dibeli atau langsung membeli bibit anggur dari kios-kios pertanian. untuk memastikan bahwa biji anggur masih layak tanam adalah dengan melihat kondisi fisik biji, biji yang baik akan memiliki bentuk yang masih sempurna (tidak berlubang atau pecah). Selain itu rendam biji dalam air, biji yang terapung tidak layak untuk ditanam. 

Menstratifikasi Benih Anggur

Sebagian besar biji tanaman memerlukan kondisi dingin sebelum mengeluarkan tunas atau cambah, untuk membuat kondisi dingin dapat dilakukan dengan proses stratifikasi. Proses stratifikasi dilakukan dengan memasukkan biji anggur ke lemari pendingin (kulkas).

Seperti halnya menanam bunga mawar dari biji, biji buah anggur juga harus dilakukan stratifikasi. Letakkan Biji anggur pada kain halus atau tisu, lapisi lagi dengan tisu pada bagian atasnya. Letakkan tisu yang telah diberi biji anggur di baki atau wadah lain yang bias masuk ke kulkas. Biarkan biji sekitar 1- 2 bulan sampai mengeluarkan ciri-ciri tunas muncul (jangan sampai biji membeku). Setelah biji mengeluarkan calon tunas, biji dapat dipindahkan ke tampat penyemaian. 

Menyemai Biji Anggur

Gunakan pot kecil atau polybag kecil untuk melakukan penyemaian, isi pot atau polybag dengan Tanah yang gembur dan dicampur dengan sekam padi atau pupuk kandang. Tanamlah biji anggur yang telah distratifikasi ke pot tersebut.

Letakkan pot persemaian di area yang teduh (tetap terkena matahari di pagi hari, jangan terkena matahari sampai sore), dan lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Biasanya biji anggur akan mengeluarkan tunas setelah 1 - 2 minggu. 

Penanaman Bibit Buah Anggur

Jika bibit anggur telah tumbuh sekitar 30 cm dan memiliki banyak daun, bibit dapat dipindahkan ke lahan tanam permanen. Tanaman anggur dapat tumbuh baik di area yang mendapatkan sinar matahari sekitar 7-8 jam sehari.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 30 cm x 30 cm dengan kedalaman 30 cm. Isi lubang dengan campuran Tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Biarkan luabng yang telah diisi tersebut selama 1 minggu untuk memastikan pupuk tercampur sempurna.

Setelah lubang didiamkan selama 1 minggu, bibit Anggur hasil semaian dapat dipindahkan ke lubang. Buatlah lubang ditengahnya. Dan pindahkan bibit beserta Tanah semaian (jangan sampai hancur). Lakukan penyiraman pagi dan sore untuk awal sampai anggur benar-benar tumbuh, setelah itu penyiraman dapat dilakukan 2 hari sekali. 

Perawatan Tanaman Anggur

Tanaman anggur adalah tanaman yang merambat, oleh karena itu buatlah tiang anjir atau rangkaian kawat untuk menopang tanaman buah anggur. Bentuk dan ukuran rambatan dapat disesuaikan dengan selera sehingga tanaman buah anggur selain dinikmati buahnya juga dinikmati nilai keindahannya.

Tambahkan pupuk kandang di sekitar buah anggur yang ditanam, dan selalu melakukan pemotongan cabang agar tidak terlalu banyak.

Itulah beberapa manfaat buah anggur bagi kesehatan dan cara menanam buah anggur. Cara yang cukup mudak dilakukan di rumah anda masing-masing.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:17 PM

0 komentar:

Post a Comment