Mawar Merah Ini Merekah Sangat Bagus di Pot


Cara Menanam Bunga Mawar Dari Biji Dalam Pot - Mawar merupakan jenis tanaman semak yang memiliki banyak jenis. Tanaman ini pada umumnya memiliki duri pada batangnya yang berfungsi untuk pengait atau pegangan ke tanaman lain saat tumbuh, dan juga untuk berlindung dari serangan pemakan tanaman. Bunga mawar dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dari air yang terkandung pada bunganya. Air Bunga mawar bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, kesehatan kulit, kesehatan rambut, dan dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

menanam mawar
Cara budidaya Bunga mawar dapat dilakukan dengan biji dan juga dengan stek batang, tanaman ini sangat cocok tumbuh di daerah yang dingin dan beberapa jenis tanaman mawar dapat tumbuh baik di daerah beriklim tropis. 

Cara Menanam Mawar dari Biji

Budidaya mawar dengan biji memiliki tantangan tersendiri, tanaman ini perlu perlakuan khusus dalam mempersiapkan benih dari biji. Tanaman yang pada dasarnya adalah tanaman di daerah dingin ini harus diletakkan di lemari pendingin untuk mulai menghasilkan kecambah. 

Menyiapkan benih mawar

sumber gambar : Wikipedia
Pilih buah mawar yang telah tua (jangan sampai keriput atau kering), petik dan belah buah mawar dengan menggunakan pisau atau alat potong yang tajam dan bersih. keluarkan biji-biji yang ada dalam buah mawar tersebut, bersihkan dari daging buahnya dengan menyiram menggunakan air.

Letakkan biji diantara kain lembab yang dilipat, kemudian masukkan kain yang berisi biji tersebut ke dalam lemari pendingin dengan dilapisi nampan/tatakan. Jangan menyampur dengan lemari pendingin yang berisi buah atau sayuran, karena ini dapat menghambat pertumbuhan mawar.

Biji mawar akan tumbuh pada minggu ke 4 - 10 minggu, dengan rasio tumbuh yang sangat kecil. Oleh karena itu budidaya mawar dengan biji bias dibilang sangat susah.

Agar tidak repot, anda dapat membeli bibit mawar di kios-kios pertanian dan tanaman bunga atau saat ini bibit bunga sudah banyak dijual online. Saat membeli bibit pastikan bibit mawar sudah distratifikasi (dapat dibaca pada pembungkus bibit). 

Menanam Bibit Mawar

Jika tidak memiliki nampan penyemaian, bisa menggunakan gelas plastik untuk penyemaian bibit mawar. Isi media penyemaian dengan tanah humus yang dicampur dengan pasir dengan perbandingan 1 : 1.

Tanamlah benih dengan kedalaman sekitar 5 cm dari permukaan. Jika anda menyemai dari benih yang disiapkan sendiri, maka tanamlah bagian tunas menghadap ke bawah (itu akan menjadi bakal akar). Biji yang ditanam akan mengueluarkan tunas dalam waktu yang agak lama sekitar lebih dari 2 minggu. Tanaman ini akan tumbuh baik jika mendapatkan sinar matahari yang cukup (sekitar 6jam/hari).

Jika tanaman telah tumbuh dan memiliki akar yang sudah memanjang, tanaman dapat dipindahkan ke tempat penananam permanen seperti pot. Pindahkan dengan tetap menyertakan Tanah yang digunakan untuk penyemaian (jangan sampai hancur).

Isi pot dengan tanah yang telah diberi pupuk kandang atau kompos dan tambahkan pasir, kemudian biarkan untuk 2-3 hari sebelum ditanami. Setelah itu pindahkan tanaman mawar yang ada di penyemaian ke dalam pot. Lakukan penyiraman setelah tanaman mawar selesai di tanam, dan lanjutkan penyiraman pada pagi dan sore hari.

Cukup rumit ternyata menanam mawar dari biji, oleh karena itu banyak orang yang memilih menanam mawar dengan sistem stek batang (vegetative). Perawatan bunga mawar cukup dengan memberikan pupuk khusus tanamn bunga yang bias didapat di toko-toko penjual bibit bunga.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:44 PM

0 komentar:

Post a Comment