Cara Simple Menanam Pucuk Merah di Rumah Anda


Cara Menanam Pucuk Merah - Pucuk merah (Syzygium Oleana) merupakan salah satu tanaman hias yang banyak ditanam di halam rumah, warna pucuknya yang merah saat tunas memberikan keindahan tersendiri pada tanaman ini. Tanaman pucuk merah sangat mudah dibudidayakan, tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah di kondisi iklim tropis seperti Indonesia ini. Untuk metode pembudidayaannya dapat dilakukan dengan biji dan juga dengan stek.

pucuk merah

Cara Budidaya Pucuk Merah dari Biji

Tanaman pucuk merah mempunyai biji-biji kecil seperti lada, tanaman pucuk merah yang mengeluarkan biji adalah tanaman yang sudah besar. Untuk membudidayakannya dapat dilakukan dengan mengambil biji yang sudah tua, yang ditandai dengan warnanya sudah kehitam-hitaman, atau mengambil biji yang sudah rontok di bawah pohonnya.

Semai biji di Tanah yang gembur dan subur, biarkan samapai tanaman tumbuh. Bibit yang tumbuh dapat dipindahkan ke polybag terlebih dahulu atau langsung ditanam di lahan tanam permanen yang sudah ditentukan.

Tanaman pucuk merah yang bias dipindahkan ke tempat penanaman permanen jika sudah memiliki tinggi 20 cm, cabut bibit semaian beserta dengan Tanah yang ada di akarnya, kemudian tanamlah di pot atau halaman rumah dengan terlebih dahulu dibuat lubang tanam. Taburkan pupuk kandang pada lubang tanam yang telah diberi bibit pucuk merah, dan tutup kembali dengan Tanah sisa yang ada.

Lakukan penyiraman secara teratur pagi dan sore hari, jika musim penghujan tanaman cukup disiram 1 kali sehari. Tanaman pucuk merah akan tumbuh dan mengeluarkan pucuk yang berwarna merah yang siap menghiasi halaman rumah anda. 

Cara Menanam Pucuk Merah dengan Stek batang

Cara menanam pucuk merah dengan stek dapat dilakukan dengan memotong salah satu cabang pucuk merah dan menanamnya. Pilihlah cabang pucuk merah yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, potong cabang tersebut sekitar 20 -30 cm dari ujung daun (bukan pangkal cabang). Tanamlah potongan cabang tersebut di polybag yang telah diisi Tanah dan pupuk kandang atau sekam padi. Kemudian padatkan Tanah yang ada di sekitarnya.

Lakukan penyiraman setelah penanaman dilakukan, dan pindahkan polybag ke tempat yang teduh. Lanjutkan penyiraman setiap pagi dan sore hari.

Setelah pucuck merah tumbuh dan mengeluarkan tunas lakukan pemupukan kompos kembali. Tanaman yang sudah tumbuh, dapat dipindahkan ke lahan tanam yang dikehendaki.

Itulah cara menanam tanaman pucuk merah yang sangat mudah, tanaman pucuk merah dapat ditanam di Tanah langsung, juga dapat di tanam di pot bunga. Tanaman ini dapat dibentuk-bentuk sesuai keinginan dengan memotong cabang-cabangnya.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:25 PM

0 komentar:

Post a Comment