Cara Menanam Wortel Organik Untuk Keluarga


Cara menanam wortel Organik - Wortel merupakan tanaman sayuran yang kaya akan vitamin A. namun selain memiliki vitamin A, ternyata wortel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:
  1. Mengurangi terjadinya kanker, kandungan beta karoten dalam wortel dapat mencegah tubuh dario serangan kanker.
  2. Mengurangi kolesterol, mengkonsumsi wortel secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol, sehingga menghindarkan dari serangan jantung.
  3. Menjaga daya tahan tubuh, antioksidan dalam wortel berfungsi menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh.
  4. Menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin A dalam wortel dapat membantu kesehatan mata.
Selain beberapa manfaaat di atas, wortel juga dapat menjaga kulit tetap sehat, dan sangat membantu bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui.
wortel

Untuk membudidayakan wortel dapat dilakukan di rumah anda sendiri, manfaatkan pekarangan yang ada dan anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin keluarga dari sayuran yang segar dan organik. Cara menanam wortel organik ndapat dilakukan dengan cara berikut:

Memilih Bibit Wortel

Memilih bibit merupakan langkah yang sangat penting, karena hal ini dapat mempengaruhi hasil panen nantinya. Dalam memilih bibit yang perlu diperhatikan adalah memiliki biji yang seragam, dan memiliki silsilah tahan terhadap hama, serta memiliki buah yang segar dengan bentuk yang sempurna. 

Jika tidak mau repot, cara praktisnya adalah dengan membeli bibit wortel di toko-toko yang menjual keperluan pertanian. Anda dapat memilih bibit wortel sesuai keinginan. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan membeli bibit yang masa kadaluarsanya sudah dekat, karena bibit tanaman memiliki daya tumbuh. Semakin lama bibit disimpan maka daya tumbuhnya akan berkurang. Pilihlah bibit yang tanggal pengemasannya baru atau tanggal kadaluarsanya masih cukup lama, dan periksa pembungkus bibit dengan benar. Jangan membeli bibit yang bungkusnya sudah ada bolong, dikhawatirkan hama atau semut sudah masuk dan memakan biji yang ada di dalam.

Menyiapkan Lahan Tanam

Bersihkan lahan di perkarangan rumah anda dari rumpur-rumput liar yang tumbuh, buat lahan tenam sesuai dengan kebutuhan anda. Gemburkan Tanah dengan menggunakan cangkul, gali dan bentuk gundukan (tegalan) dengan ukuran lebar 80 cm, ketebalan tegalan 30-40 cm, dan panjang disesuaikan dengan lahan yang ada. Jika lahan cukup luas, buat tegalan yang sama dengan jarak 20 cm dari bedengan pertama.

Taburkan pupuk kandang atau kompos sembari membuat tegalan, setelah lahan tanam membentuk tegalan taburkan kembali pupuk kandang secara merata di bagian permukaan.

Biarkan terlebih dahulu lahan tanam yang disiapkan tersebut selama 1 minggu, agar pupuk kandang tersebut tercampur dengan sempurna dan unsur hara di Tanah stabil setelah dilakukan pengadukkan.

Menanam Bibit Wortel

Setelah lahan didiamkan selama 1 minggu, proses selanjutnya adalah menanam benih wortel. Buatlah lubang-lubang tanam dengan jarak 20cm x 20 cm. Jangan sampai terbalik pada saat menanamkan benih wortel. Setelah benih dimasukkan ke dalam lubang, lakukanlah penutupan dengan Tanah yang ada disekitarnya dengan lapisan yang tipis. Lakukan penyiraman pada saat selesai penanaman, dan diteruskan setiap pagi dan sore hari.

Perawatan Wortel

Lakukan pembersihan rumput-rumput yang tumbuh di lahan tanam. Setelah wortel berumur 1 bulan dari penanaman, lakukanlah penjarangan (mengurangi jumlah tanaman) agar memberikan ruang tumbuh, dan menghasilkan buah yang baik.

Lakukan pemupukan dengan pupuk organik cair yang dapat dibeli di kios-kios pertanian, dan taburkan pupuk kandang atau kompos kembali secara merata (jangan terlalu banyak).

Panen Wortel

Wortel dapat dipanen setelah 3 bulan dari penanaman, panen wortel dapat dilakukan dengan mencabut wortel sampai ke umbinya.

Dengan menanam wortel organik di rumah sendiri, kebutuhan akan sayuran dan vitamin keluarga terpenuhi. Wortel dapat dikonsumsi dalam bentuk sayur, dan juga dapat dibuat jus atau dimakan mentah-mentah. Kandungan vitamin dalam wortel memberikan manfaat kesehata yang banyak bagi keluarga.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 1:11 PM

0 komentar:

Post a Comment