Cara Yang Benar Menanam Kencur di Polybag


Cara Menanam Kencur Yang Baik dan Benar di Polybag - Tanaman kencur merupakan jenis tanaman obat yang tergolong dalam jenis temu-temuan (Zingiberaceae). Tanaman ini banyak juga dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan jamu (jamu beras kencur). Kencur (Kaempferia galanga L.) ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:
  1. Mengobati sakit tenggorokan dan batuk
  2. Menghilangkan keluhan perut kembung
  3. Menghilangkan darah kotor
  4. Mengobati diare
  5. Menghilangkan radang lambung
kencur
Tanaman yang kaya manfaat ini cocok untuk dibudidayakan di rumah. Selain dengan alasan kesehatan, tentunya membudidayakan tanaman kencur dapat bermanfaat untuk bumbu masakan. Jenis masakan yang sering menggunakan kencur adalah pecel, nasi goreng, ikan goreng, ayam goreng.

Untuk membudidayakan kencur tentunya tidak membutuhkan usaha yang sangat besar, tanaman ini dapat dikembangbiakkan di polybag atau pot. Namun jika menginginkan dalam sekala besar, tanaman ini juga bisa ditanam di kebun atau  ladang. Dalam melakukan penanaman kencur di kebun, pada prinsipnya caranya sama dengan cara menanam jahe yaitu dengan membentuk lahan menjadi guludan-guludan (tegalan) Untuk kali ini yang akan dibahas adalah mengenai cara menanam kencur di polybag atau pot.

Berikut adalah langkah-langkah mudah menanam kencur di polybag atau pot:

Menyiapkan Bibit Kencur
 
Untuk melakukan budidaya kencur maka pemilihan bibit yang benar dan kualitas yang bagus merupakan syarat utama yang perlu dipenuhi. Tanaman kencur hanya memiliki satu jenis saja, namun sebutan dari berbagai daerah saja yang berbeda-beda. Bibit kencur adalah rimpang kencur itu sendiri, carilah kencur yang memiliki buah banyak dan tidak terserang hama. 

Pilih rimpang yang tua (sekitar umur 10 bulan), rimpang yang baik untuk bibit adalah rimpang yang sudah terlihat memiliki calon tunas. Minimal calon tunas yang terlihat adalah dua calon tunas, ini menandakan bahwa rimpang siap untuk tumbuh. kumpulkan rimpang-rimpang yang terlihat bagus dan memiliki tunas sebanyak kebutuhan (disesuaikan dengan jumlah polybag).

Letakkan rimpang pada area yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, biarkan beberapa hari sambil menyiapkan polybag atau pot sebagai lahan tanam.

Menyiapkan Polybag atau Pot

Belilah polybag dengan ukuran yang agak besar, atau bisa menggunakan pot bunga, jika ingin lebih besar gunakan saja karung bekas beras atau pupuk. Isi polybag dengan menggunakan tanah yang gembur dan subur, tambahkan pupuk kandang atau kompos. Campukan juga sedikit pasir dengan perbandingan 4 :1 (4 tanah : 1 Pasir). Setelah itu letakkan polybag di area yang teduh, dan biarkan polybag yang sudah berisi tanah selama 1-2 hari agar kondisi tanah stabil.

Penanaman Kencur

Setelah polybag dibiarkan selama 1 hari, kencur sudah bisa ditanam. Ambil rimpang yang sudah disiapkan tadi, dan tanamlah dengan cara membuat lubang menggunakan pisau atau alat lain sedalam 5-7 cm dengan panjang disesuaikan dengan panjang rimpang kencur. Tanamlah kencur sebanyak 2 rimpang di masing-masing polybag dengan jarak tanam 10 - 15cm. hadapkan calon tunas ke atas, jangan sampai terbalik karena dapat menghambat pertumbuhan kencur.
 
Pemeliharaan Tanaman Kencur
 
Untuk mendapatkan hasil yang panen yang banyak, tanaman kencur harus dipelihara. lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore saat tidak ada hujan. Tidak perlu melakukan pemupukan dengan pupuk kimia, karena ini akan dikonsumsi sendiri dan juga sudah sangat cukup karena sudah diberi pupuk kandang atau kompos. Lakukan pembersihan rumput liar yang tumbuh di polybag, bersihkan dengan cara mencabut.

Hama yang sering menyerang kencur adalah ulat pemakan daun, basmi ulat ini selagi belum banyak. Pembasmian dapat dilakukan secara manual, dengan mengambil dan mematikannya.

Panen Kencur

Kencur dapat dilakukan panen atau rimpangnya dapat dimanfaatkan jika telah memiliki rimpang yang besar, biasanya saat usia sekitar 7-9 bulan. Selain rimpangnya, kencur juga dapat dimanfaatkan daun mudanya yaitu sebagai lalapan atau daun-daunan di masakan pecel.

Itulah beberapa cara mudah menanam kecur di polybag atau pot, dan manfaat kencur bagi kesehatan. Tidak ada salahnya anda membudidayakan kencur di rumah anda dengan menggunakan polybag atau media lain yang anda anggap lebih mudah dan dapat digunakan. Jika ingin menanam kencur kapasitas besar tentunya harus menyiapkan bibit rimpang kencur yang banyak.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:44 PM

0 komentar:

Post a Comment