Cara Terbaik Menanam Kelapa Sawit Yang Terbukti Sukses


Cara menanam kelapa sawit yang benar akan mempengaruhi kualitas tanaman dan buah yang akan dihasilkan. Setelah mengetahui tentang cara melakukan pembibitan kelapa sawit yang benar, maka langkah selanjutnya adalah menanam bibit kelapa sawit yang sudah siap tanam ke kebun. Bibit kelapa sawit sudah siap tanam setelah berumur 8 bulan dari pembibitan.

menanam kelapa sawit, kebun kelapa sawit


Pola penanaman kelapa sawit dapat dilakukan monokular atau tumpang sari. Untuk tumpang sari biasanya hanya ditanami tumbuhan yang dengan masa panen singkat seperti menanam tanaman singkong, menanam jagung, ataupun palawija lainnya. Hal ini hanya untuk memanfaatkan lahan sembari menunggu kelapa sawit sudah besar dan siap panen. Pada pola monokular, penanaman tumbuhan penutup sangat dianjurkan untuk mengurangi pertumbuhan rumput liar dan juga untuk menambah nutrisi pada tanah dan mencegah terjadinya erosi tanah. Biasanya yang sering digunakan sebagai tanaman penutup (cover crop) adalah jenis kacang-kacangan, pertimbangannya adalah tanaman jenis kacang-kacangan lebih cepat tumbuh dan daunnya dapat menjadi pupuk kompos.

Dalam melakukan penanaman kelapa sawit yang harus diperhatikan adalah jarak tanam antar pohon, dan bentuk segitiga sama sisi sehingga memungkinkan adanya gang dari segala arah. Jarak tanam yang dianjurkan adalah 9 meter antar tanaman, hal ini selain untuk memberikan ruang tumbuh bagi pohon kelapa sawit juga memberikan ruang bagi akar-akar kelapa sawit agar tidak saling berebut nutrisi makanan pada tanah.

Untuk membuat bentuk segitiga sama sisi dapat dilakukan dengan menggunakan tali tambang atau tali rafia,  Mulailah dengan menarik tali lurus dari tepi kebun ke tepi lainnya (timur-barat), dan teruskan sampai semua lahan. Langkah selanjutnya adalah memasang tali dengan cara yang sama tegak lurus tali sebelumnya (utara-selatan). Setelah itu pasangkan patok acuan setiap 9 meter pada tali utara-selatan. dan lakukan pemasangan patok pada baris tali utara-selatan yang kedua namun dengan jarak 4,5 meter dari tepi kebun, sehingga akan nampak patok zigzag.

pola tanam kelapa sawit
pola tanam kelapa sawit

Setelah pembuatan patok acuan telah selesai, maka langkah selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Buatlah lubang tanam pada setiap patok dengan ukutan 50cm x 50cm dengan kedalaman 40cm. Berilah pupuk kandang atau pupuk kompos pada setiap lubang.

Menanam bibit kelapa sawit sebaiknya ditanam pada saat musim hujan (awal-awal musim hujan), agar cukup air untuk tumbuh. Pindahkan semua bibit kelapa sawit mendekati lubang-lubang tanam, bukalah polybag dan masukkan bibit kelapa sawit beserta tanah ke dalam lubang dan lakukan penutupan menggunakan tanah sisa galian lubang.

Itulah beberapa cara menanam kelapa sawit yang benar agar menghasilkan panen yang banyak. Yang perlu diperhatikan bahwa setiap varietas kelapa sawit memiliki kriteria tanam yang berbeda. Namun cara menanam yang dijelaskan di atas adalah cara yang sering digunakan dengan menghasilkan buah yang besar dan panen yang maksimal.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:51 PM

3 komentar:

  1. KEUNGGULAN DAN MANFAAT PUPUK NPK SUPER+TE

    Pupuk NPK SUPER + TE Memiliki beberapa keunggulan dan manfaat yang lebih baik dari pupuk tunggal atau pupuk majemuk lainnya, antara lain adalah :
    1. Mengandung unsur hara lengkap dan seimbang, unsur hara makro primer, sekunder dan unsur mikro esensial yang sangat dibutuhkan oleh tanaman :
    Nitrogen (N-Total)
    Phosphate (P205 Total)
    Phosphate (P205, As Sirat)
    Photasium (K2O)
    Magnesium (MgO)
    (S)
    (CaO)
    Boron (B)
    Copper (Co)
    Zinc (Zn)
    Manganese (Mn)
    (Hg)
    (Pb)
    Cd
    As
    Biuret
    Kadar Air

    2. Bersifat Slow Release (Controlled Fertilizer) karena mengandung bahan pengikat dan terbungkus dengan bahan yang terbuat dari bahan organik, sehingga akan menjamin ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman sampai periode pemupukan berikutnya.

    3. Efektifitas penyerapan pupuk sampai 95%, karena pupuk NPK SUPER + TE dibuat berbentuk batangan (Stick) dengan metode pemupukan ditanamkan kedalam tanah. Hal ini akan menghindari kehilangan pupuk yang diakibatkan oleh penguapan dan erosi/hanyut terbawa oleh air hujan.

    4. Praktis, Ekonomis dan Efisien
    • Praktis = Mudah dalam aplikasinya dan tidak perlu pemupukan yang berulang seperti untuk jenis pupuk tunggal.
    • Ekonomis = Hemat tenaga kerja dan biaya transportasi serta perbandingan harga pupuk yang kompetitif.
    • Efisien = Dikemas dalam kotak sehingga tidak memerlukan ruang yang besar dan tidak berbau.
    5. Dapat digunakan untuk pemupukan tanaman perkebunan lainnya seperti kelapa sawit, cacao, kopi, karet, kelapa dan tanaman buah-buahan seperti durian, mangga dan lain-lain.

    Dari beberapa Testimoni pemakai Pupuk NPK SUPER + TE pada Tanaman Kelapa Sawit disimpulkan bahwa:
    1. Dengan memakai pupuk NPK SUPER + TE mulai awal tanam pohon sawit didapat hasil bahwa Sawit akan berbuah pada 4 kali aplikasi atau 4 x 4 bulan = 16 bulan atau kurang dari 1,5 tahun.
    2. Pohon yang hanya tumbuh bunga, tidak bisa berbuah akan menjadi bisa berbuah hanya dengan 3 x aplikasi.
    3. Pada saat musim kemarau biasanya terjadi penurunan hasil TBS, dengan memakai pupuk NPK Super+TE hasil TBS masih tetap normal bahkan cenderung meningkat.

    PEMESANAN DAPAT MENGHUBUNGI
    CONTACK PERSON :
    Ahmad Basuki
    Hp. 081367795557
    Pin bbm. 2b8f7bf8
    Email. ahmadbasuki12@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  2. selamat pagi pak.. saya mau bertanya.
    1. harga pas nya berapa satu kantong.....
    2. jumlah satu kantong berapa banyak ya pak
    3. biji kecambah sawit barihat bisa dijamin bagus?
    terima kasih...harap dibantu penjelasan nya pak

    ReplyDelete
  3. sudah bnyak bukti bahwa pupuk dari PT NASA dapat meningkatkan produksi panen sawit, siapa tahu ada yang ingin tahu cara menjadi distributor pupuk nasa

    ReplyDelete