Menanam Lidah Mertua Yang Kaya Manfaat


Cara Menanam Bunga Lidah Mertua - Lidah mertua (Sansevieria) merupakan tanaman hias yang sedikit membutuhkan air dan sinar matahari, sehingga banyak masyarakat menjadikan bunga ini sebagai hiasan di dalam ruangan atau rumah. Bunga Lidah Mertua khas dengan daunnya yang kuat dan tegak, serta bentuknya yang runcing sehingga sering disebut seperti lidahnya mertua oleh masyarakat Indonesia. Bunga Lidah mertua ini memiliki keistimewaan mampu beradaptasi dengan lingkungan, walau pada musim kemarau tumbuhan ini cederung lebih mampu bertahan disbanding jenis tanaman hias lainnya.

lidah mertua, Sansevieria

Tanaman Lidah Mertua ini memiliki berbagai corak warna pada daun atau rimpangnya, corak yang sering dijumpai adalah hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, hijau kuning, dan Putih kuning. Lidah mertua memiliki 2 tipe yaitu tipe rimpang panjang, dan tipe rimpang pendek.
Selain daya adaptasinya yang tinggi, memiliki corak warna, ternyata lidah mertua (Sansevieria) memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya yaitu:
  1. Menyerap Polutan di Ruangan, Sansevieria dapat menyerap polutan yang terdapat pada udara di ruangan akibat rokok, ac, dan karbondioksida. Sehingga dapat mengatasi Sick building syndrome.
  2. Antiseptic, Getah dari bunga lidah mertua ini dapat dijadikan sebagai antiseptic.
  3. Mengobati diabetes, Air rebusan daun lidah mertua sangat dipercaya dapat mengobati diabetes.
  4. Kesehatan rambut, akar lidah mertua dapat dijadikan sebagai penyegar rambut dan mencegah kerontokan.
Untuk membudidayakan tanaman Lidah Mertua yang kaya akan manfaat ini tidaklah sulit, bunga Sansevieria ini dapt tumbuh di area terbuka maupun di dalam ruangan dengan menggunakan pot. Agar tanaman lidah mertua ini dapat bermanfaat bagi kesehatan keluarga, tanamlah di dalam pot dan letakkan di dalam rumah atau ruangan. 

Menyiapkan Pot

Siapkan pot yang tidak terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil, isi pot dengan campuran Tanah gembur, pupuk kandang atau kompos, dan pasir dengan perbandingan 3:2:1 (3 Tanah : 2 Pupuk : 1 Pasir). Sebelum memasukkan bahan isian ke dalam pot, sebaiknya beri pecahan keramik atau genting pada dasar pot bagian dalam untuk mencegah Tanah isian keluar melalui lubang-lubang di bagian bawah pot. Isi pot 1/3 bagian pot saja.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, sebaiknya gunakan pot dengan bahan semen atau tanah liat. Karena pot ini dapat memberikan kelembaban pada lidah mertua. Namun jika tanaman ini akan diletakkan dimeja ruangan atau kantor gunakanlah pot pelastik, karena nilai estetikanya lebih pas. 

Menyiapkan Bibit Lidah Mertua

Untuk membudidayakan lidah mertua agar cepat tumbuh, maka penanaman sebaiknya menggunakan tunas lidah mertua yang sudah tumbuh. Pilihlah salah satu jenis Lidah mertua yang anda sukai, sekedar saran jika untuk di ruangan sebaiknya pilih lidah mertua dengan corak hijau kuning. Warna hijau kuning akan tampak segar.

Setelah memilih salah satu jenis lidah mertua, cari tunas atau ambil sebagian rumpun kecil dengan cara menggali dan memotong pada bagian batang bawah yang saling menyatu antar rumpun. jangan sampai salah memotong sehingga daun atau rimpang lidah mertua juga ikut terpotong.

Menanam Lidah Mertua Ke Pot

Setelah diambil, sebaiknya bibit segera ditanam. Tanamlah Lidah mertua dan kemudian tutup pot dengan sisa tanah sampai terisi penuh (sisakan sekitar 5 cm dari bagian atas pot). Jangan menekan tanah dengan sangat keras, karena dapat merusak akarnya. Letakkan pada tempat yang teduh, dan lakukan penyiraman setelah penanaman selesai.

Perawatan Lidah Mertua

Pada awal penanaman sebaiknya lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore hari, setelah lidah mertua sudah tumbuh penyiraman dapat dikurangi 2-3 hari sekali. Karena bunga lidah mertua sangat tahan terhadap minimnya air.

Setelah Bunga Sansevieria ini tumbuh, dapat dipindahkan ke area yang diinginkan seperti ruang tamu, kamar tidur, teras rumah, meja kerja, maupun halaman rumah. Tanaman Sansevieria ini akan bertambah banyak dengan sistem tunas. Semakin banyak, tanaman ini akan semakin terlihat bagus. Untuk menambah indahnya lidah mertua, sebaiknya buang daun atau rimpang yang kering atau bentuknya tidak sempurna dengan cara memotong dari pangkal rimpang.

Lakukan pemupukan jika diperlukan dengan memberikan pupuk khusus tanaman hias, pemberian pupuk kimia biasanya akan merusak rimpang, jika ingin memberi pupuk kimia, berilah dengan jumlah yang sangat sedikit (10 butir atau 1 sendok teh) dan jangan langsung mengenai lidah mertua.

Itulah beberapa langkah sederhana cara menanam lidah mertua (Sansevieria), sebaiknya anda mulai untuk menanam lidah mertua ini di rumah karena selain bentuknya yang bagus, tanaman ini juga kaya akan manfaat bagi kesehatan.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:06 PM

0 komentar:

Post a Comment