Orang ini Sukses Menanam Jambu Air


Cara menanam jambu air - Tidak sulit sepertinya untuk menjumpai pohon jambu air di wilayah Indonesia ini, salah satu tanaman buah ini memang sangat mudah tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Buah yang kaya dengan kandungan air ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, diantaranya:
 
jambu air
 
Mencegah Diabetes
 
Jambu air mengandung jambosine (sejenis alkaloid) yang dapat menekan sari pati makanan menjadi gula, tentunya ini sangat membantu para penderita diabetes.
 
Pencegahan terhadap Kanker
 
Kandungan vitamin C dan Vitamin A yang terdapat pada buah jambu dapat berfungsi menekan pertumbuhan sel kanker pada tubuh manusia.
 
Mencegah Infeksi
 
Kandungan komponen aktif yang terdapat pada jambu air dapat berfungsi mencegah terjadinya infeksi, tentunya ini aka berdampak pada sisitem kekebalan tubuh.
 
Itulah beberapa manfaat jambu air terhadap kesehatan, tentunya masih banyak lagi manfaat jambu air baik bagi kesehatan dan kecantikan.
 
Jenis jambu merah yang banyak dikenal ada 2 jenis yaitu Jambu air Kecil (Syzygium Quaeum) dan Jambu air Besar (Syzygium samarangense), namun jambu air besar ternyata banyak sekali jenisnya seperti Jambu Air semarang, jambu air Madura, jambu air lilin, jambu air apel, jambu air citra, dan masih banyak lagi.  Untuk melakukan budidaya jambu air agar cepat berbuah dapat dilakukan dengan cara berikut:
 
Pemilihan bibit Jambu Air
 
Pilih bibit jambu air dari jenis yang disukai, cara penanaman jambu air dapat dilakukan dengan biji dan dengan system stek (cangkok). Untuk mendapatkan pohon jambu air yang cepat berbuah tentunya cara cangkok menjadi solusi yang tepat. Cangkoklah pohon jambu air yang memiliki silsilah buah dan kesuburan pohon yang baik, atau jika tidak mau repot belilah bibit di penjual bibit tanaman dan taman.
 
Jika bibit dibuat dengan mencangkok sendiri, maka saat sudah tumbuh akar yang panjang pada cangkokan (1-2 bulan dari mencangkok) dapat dilakukan pemotongan, lakukan pemotongan pada bagian bawah cangkokan. Kemudian tanamlah cangkokan pada polybag terlebih dahulu agar bibit jambu air dapat menyesuaikan kondisi terlebih dahulu.
 
jambu air citra
Jambua Air Citra
 
Pembuatan Lubang Tanam
 
Jambu air dapat tumbuh baik pada Tanah yang memiliki kesuburan baik, gembur, dan tidak terlalu asam. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 40 cm x 40 cm dengan kedalaman 40cm-50cm. Taburi lubang yang telah dibuat dengan pupuk kandang atau kompos setinggi 1/3 dari kedalaman lubang, biarkan lubang terlebih dahulu untuk mengembalikan kestabilan unsur hara setelah penggalian selama 1 minggu. Jika jambu air akan dibudidayakan secara besar-besaran maka buatlah lubang dengan jarak 8 meter antar lubang dan taburkan pupuk kandang pada setiap lubang.
 
Penanaman Bibit Jambu air
 
Untuk menanam bibit jambu air dapat dilakukan dengan membuka platik polybag terlebih dahulu secara perlahan, jangan sampai Tanah yang terdapat pada polybag hancur. Karena itu akan menjadi sumber makanan jambu air pada awal-awal penanaman.
 
masukkan bibit ke dalam lubang yang telah dibuat sampai menyentuh bagian dasar lubang yang telah diberi pupuk kandang. Tutuplah lubang dengan menggunakan sisa Tanah galian, dan padatkan secara perlahan. Sebaiknya penananam dilakukan pada awal musim hujan dan lakukan penanaman di sore hari agar tidak terlalu terik.
 
Perawatan Jambu Air
 
Lakukan pemupukan secara teratur dengan menggunakan pupuk kandang, jika ingin menggunakan pupuk kimia data menggunakan KCL dan TSP. Lakukan pembasmian hama penyakit yang menyerang seperti ulat dan kutu perisai.
 
Pemanenan Buah
 
Jambu air dapat berbuah lebih dari 1 kali dalam setahun tergantung kondisi lingkungannya, cara memetik buah yang benar adalah dengan memotong pada tangkai buahnya. Pohon jambu air akan berkembang dan berbuah pada usia sekitar 3 - 4 tahun.
 

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 11:42 AM

1 komentar:

  1. terimakasih sangat informatif sekali, :) Good Job
    http://www.bibitbuahku.com/bibit-tanaman-jambu-air-citra.htm

    ReplyDelete