Cara Menanam Bawang Merah ini Menghasilkan Panen Melimpah


Budidaya Bawang Merah - Bawang merah merupakan salah satu bahan bumbu masakan yang tidak bisa ditinggalkan. Hampir semua masakan pasti menggunakan bawang merah. Tanaman yang banyak dijumpai di daerah Brebes ini biasanya dapat tumbuh sumbur di daerah dataran rendah dengan penyinaran matahari yang cukup.

Dengan kebutuhan bawang merah yang tinggi, tentunya permintaan akan bawang merah di pasar juga tinggi. Tidak jarang hal ini mengakibatkan naiknya harga-harga bawang merah di seluruh daerah di Indonesia. Banyak petani yang diuntungkan dengan kondisi ini, dan menghasilkan jutawan-jutawan baru dari transaksi penjualan bawang merah.

bawang merah

Untuk melakukan budidaya bawang merah, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Menyiapkan benih

Cara menanam bawang merah yang banyak dilakukan adalah dengan menggunakan buah bawangnya, walaupun penanaman juga dapat menggunakan bibit biji. Buah bawang yang dijasikan bibit adalah buah bawang yang memiliki umbi yang subur, bentuk yang bagus, dan besar.

Pilihlah buah bawang hasil panen yang memiliki kualitas bagus, sisihkan sesuai dengan keperluan penanaman pada luas area yang disiapkan. 

Persiapan lahan tanam

Lahan tanam untuk bawang merah juga digemburkan dan dibuat tegalan seperti cara menanam bengkoang dan cara menanam jahe. Leabar tegalan atau guludan adalah 1 meter dengan panjang disesuaikan dengan kebun yang ada. Taburkan pupuk kandang atau kompos dan aduk secara merata dengan menggunakan cangkul.

Penanaman bibit bawang merah

Lakukan penanaman bibit bawang yang telah disiapkan dengan jarak 20cm x 20cm dengan bagian ujung bawang menghadap ke atas (ingat jangan sampai terbalik). tekan bibit bawang sampai semua bagian tenggelam, bila tanah keras jangan memaksa untuk membenamkan bibit karena dapat merusak bibit bawang merah.

Perawatan tanaman bawang merah

Lakukan pembersihan rumput-rumput liar yang ada di sekitar tanaman bawang merah, cabut bawang yang terserang leles (membusuk), dan tambahkan kembali pupuk saat usia tanaman 3 minggu. Jika ingin menggunakan pupuk kimia, pupuklah dengan campuran KCL dan ZA.

Pemanenan bawang merah

Bawang merah dapat dilakukan panen setelah ada tanda-tanda yang ditunjukkan dengan daun-daun bawang merah sudah layu atau ambruk-ambruk (bukan layu karena kekurangan air atau terserang hama). Jika belum yakin, dapat dilakukan pemeriksaan umbi bawang dengan cara menggali tanah sedikit pada bagian buah bawang. apabila buah sudah besarnya telah memadai, maka dapat dilakukan pemanenan.

Untuk menghindari bawang cepat membusuk, lakukan penjemuran bawang selama 2 minggu sebelum didistribusikan ke pasar. Panen yang baik dapat mencapai 4-9 ton per hektar.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:19 PM

1 komentar:

  1. Dengan cara tanam yang sama kadang hasil bisa berbeda gan... ketekunan juga sangat berpengaruh pada hasil... Salam Sukses...
    Halotani

    ReplyDelete