Cara Jitu Penyemaian Bibit Kelapa Sawit


Cara Menyemai Benih Kelapa Sawit - Setelah melakukan proses pencambahan kelapa sawit, bibit harus disemai terlebih dahulu sampai siap tanam. Perawatan dan pemupukan juga sangat dianjurkan pada kegiatan penyemaian untuk menghasilkan bibit yang unggul.
Lakukan beberapa langkah berikut untuk menyemai bibit kelapa sawit yang unggul:
  1. Menyiapkan media tanam dengan menggunakan polybag kecil (ukuran 12 x 23 cm) yang diisi dengan Tanah penutup (Tanah pucuk/lapisan Tanah bagian atas). Campurkan pupuk kandang agar bibit kelapa sawit mendapat nutrisi. diamkan polybag yang telah diisi Tanah selama 1 hari untuk memulihkan kondisi unsur hara Tanah setelah proses pengadukan.
  2. Susun polybag menjadi beberapa kolom dengan lebar dan panjang disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran area penyemaian.
  3. Biji yang telah berkecambah (tunas kecil) ditanam ke dalam polybag dengan kedalaman sekitar 2 - 3 cm.
    Penyemaian bibit kelapa sawit
  4. Berilah penutup dengan jarring atau menggunakan atap dari dedaunan untuk menjaga tempat penyemaian tetap lembab.
  5. Lakukan penyiraman secara berkala pagi dan sore hari dengan menggunakan springkel atau alat penyiraman lain. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai menyiram terlalu basah.
  6. Setelah bibit berumur 3 bulan dari penyemaian atau bibit telah memiliki daun sekitar 4 - 5 helai, bibit dapat dipindahkan ke polybag yang lebih besar dan diletakkan pada tempat persemian terbuka.
Penyemaian di area terbuka dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut: 
  1. Menyiapkan polybag dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya (ukuran sekitar 40 cm x 50 cm), isi polybag dengan Tanah pucuk yang dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos.
    Penyemaian Bibit Kelapa Sawit
  2. Letakkan polybag pada area yang datar, dan atur jarak antar polybag sehingga dapat memberikan ruang yang baik untuk pencahayaan.
  3. Lakukan penyiraman secara berkala pagi dan sore, jangan menyiram terlalu banyak yang dapat menyebabkan becek pada polybag.
  4. Lakukan perawatan secara teratur dengan membersihkan rumput/gulma yang tumbuh pada polybag.
  5. Seleksi bibit yang tumbuh secara tidak normal, gantikan dengan bibit lain.
  6. Lakukan  pemupukan dengan menggunakan pupuk kimia untuk membantu penambahan nutrisi, pemupukan dapat dilakukan dengan melarutkan pupuk urea dengan air untuk tanaman yang berusia 4-7 minggu, selanjutnya dapat melakukan pemupukan dengan penebaran. Jangan terlalu banyak karena dapat merusak bibit.
  7. Bibit akan siap tanam sekitar usia 8 bulan dari penyemaian di area terbuka.
Lakukan langkah-langkah membuat bibit kelapa sawit sampai siap tanam untuk mendapatkan bibit kelapa sawit yang bagus. Perawatan dan pemupukan juga harus dilakukan secara teratur agar bibit dapat tumbuh dengan normal dan subur.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 8:55 AM

0 komentar:

Post a Comment