Cara Menanam Cabe Rawit di Pot



Budidaya cabe di pot
Cara menanam cabe di Pot - Menanam cabe di pot bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, kesibukan kecil ini bisa sedikit mengurangi pengeluaran keluarga untuk membeli bahan masakan, terutama saat harga cabe di pasar mahal.
Untuk menanam cabe di pot dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:
Langkah Pertama : Pilih Benih yang Super
Benih cabe dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko pertanian, pilihlah dengan seksama dan baca petunjuk yang tertulis di kemasan benih. Jangan sungkan untuk menanyakan ke penjual atau pembeli lain yang ada, untuk memastikan kualitas dari merk tersebut benar-benar super. Hal ini dikarenakan sering ditemui benih yang tidak mau tumbuh. Selain itu juga periksa tanggal expired atau tanggal pengemasannya. Cari benih yang baru dikemas, karena semakin lama bibit itu didiamkan akan mengurangi daya tumbuh dari benih.
Namun jika ingin membuat benih sendiri dengan cabe yang ada disekitar rumah, ini juga dianjurkan karena anda dapat melihat langsung benih dan kualitas buah. Cari buah cabe dari pohon yang memiliki buah yang segar, banyak buahnya, dan subur, serta batangnya kuat. Pilihlah buah cabe pada panen atau generasi buah ke 3 atau 4. Biasanya pada buah ke 3 atau 4, biji cabe akan sangat baik. baik kualitas buahnya maupun ukuran bijinya.
Pilihlah buah cabe yang telah matang dan diamkan sampai mengering sampai kulit cabe transparan sehingga biji yang didalam dapat terlihat dari luar. Kemudian belah dan ambil bijinya. Jemurlah biji sampai benar-benar kering.
Langkah kedua : Lakukan penyemaian benih
Buatlah area penyemaian dengan ukuran disesuaikan dengan jumlah benih yang akan di tanam, taburkan pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang. dan tebar biji cabe yang telah disiapkan. Tutup dengan lapisan Tanah namun jangan terlalu tebal, cukup hanya menutupi biji cabe yang ditebar. Tutup bagian atas area penyemaian untuk mengantisipasi rusak akibat air hujan dan untuk menjaga agar tetap lembab, siram setiap pagi dan sore hari. Benih akan tumbuh pada usia 5 - 7 hari dari penebaran. Namun, bibit hanya bisa dipindah pada usia sekitar 1,5 bulan atau telah memiliki daun sebanyak minimal 4 helai.
Langkah ketiga : Siapkan Pot sebagai media Tanam
Isi Pot dengan Tanah yang subur dan campur dengan pupuk organik, biarkan untuk beberapa hari agar unsur hara Tanah normal kembali setelah digali dan diaduk-aduk.
Langkah keempat : Tanam bibit cabe pada Pot
Setelah cabe telah berumur sekitar 1,5 bulan atau memiliki daun minimal 4 helai, bibit telah siap dipindahkan ke pot (jangan terlalu lama membiarkan benih di area semaian, benih yang terlalu tua tidak bagus saat dipindahkan).
Gambar pohon cabe setelah 2 minggu
dipindahkan ke pot
Pindahkan bibit pada pot dengan satu benih untuk satu pot. Letakkan pot pada area yang rindang atau teduh untuk menjaga agar benih yang baru ditanam tidak kering. Lakukan perawatan secara rutin dengan malakukan penyiraman pada pagi dan sore hari.

Itulah beberapa cara budidaya cabe di pot, jika anda melakukan di rumah. hal ini akan sangat mengurangi pengeluaran keluarga, dan memberikan anda alternatif kegiatan di rumah dengan melakukan perawatan pada tanaman. Selamat mencoba

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:27 AM

0 komentar:

Post a Comment