Cara Merawat Tanaman Cabe Rawit


Cara merawat cabe rawit - Perawatan pada tanaman cabe rawit sangat diperlukan guna mendapatkan hasil panen yang maksimal, selain itu perawatan juga berfungsi untuk membasmi hama-hama pengganggu yang sering muncul pada tanaman cabai.


Adapun perawatan yang dibutuhkan untuk budidaya cabai rawit adalah sebagai berikut:

1. Penyiraman

Cabai merupakan salah satu tanaman yang sangat membutuhkan air, oleh karena itu suplai air harus selalu terjaga. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari, lakukan penyiraman secukupnya.


2. Pembersihan Rumput Pengganggu

Penyiangan juga sangat diperlukan agar rumput atau gulma di sekitar tanaman cabai rawit tidak mengganggu. Bersihkan rumput pengganggu dengan mencabut atau menggunakan alat bantu.

3. Pemupukan

Agar tanaman tumbuh subur dan menghasilkan buah cabai yang maksimal, maka tanaman cabai harus diberi pupuk untuk memberikan nutrisi pada tanaman.

Biasanya dalam 1 (satu) hektar membutuhkan pupuk kimia sebagai berikut : Urea (200 Kg), TSP (200 Kg), KCL (150Kg). Namun jika anda menginginkan tanaman yang organic, gunakanlah pupuk kandang atau kompos dengan takaran yang secukupnya.

Jangan terlalu banyak memberikan pupuk, hal ini dapat berdampak batang cabai rusak (leles).

4. Pembasmian Hama

Tanaman cabai rawit sangat rawan terhadap serangan hama, jenis hama yang sering menyerang adalah tungau, lalat buah, kutu daun dan gurem.

Tanda-tanda dari serangan hama ini adalah tanaman menjadi layu, berwarna pucat, dan mati.

Cabut batang cabai rawit yang telah terserang hama tersebut, kemudian bakar agar hama tidak menyebar ke semua tanaman. Jika ingin menggunakan pestisida, gunakanlah pestisida yang sesuai, dapat dibaca pada keterangan penggunaan pestisida.

Perawatan cabai rawit yang rutin dapat meningkatkan kualitas buah dan panen yang maksimal.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 12:20 PM

0 komentar:

Post a Comment