Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag


Menanam Cabe di Polybag dapat menjadi solusi ketika ingin berkebun namun keterbatasan lahan, selain itu menanam cabai di polybag juga bisa untuk memenuhi kebutuhan memasak keluarga.




Contoh persemaian skala kecil
Untuk menanam cabe di polybag langkah-langkah awalnya sama seperti cara menanam cabe untuk langsung di tanah yaitu dengan melakukan penyemaian bibit (baca: Cara menanam cabai rawit). Namun ada beberapa langkah selanjutnya yang berbeda, berikut beberapa langkah menanam cabai di polybag.


Menyiapkan Pelastik Polybag

Pelastik Polybag dapat diperoleh di toko-toko yang menjual obat-obat pertanian,  terdapat beberapa ukuran yang berbeda-beda. Pilihlah polybag dengan ukuran yang sesuai keinginan, naamun jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar. Jika terlalu kecik akan berpengaruh terhadap pertumbuhan cabai, dan jika terlalu besar maka kebutuhan isian akan banyak. Biasabya polybag besar ini digunakan pada tanaman sawit.

Mengisi Polybag

Isi polybag dengan tanah atau sekam yang telah dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos, apabila tidak ada pukuk kandang atau kompos maka isilah dengan tanah yang subur. Isi polybag sampai 3/4 bagian, jangan terlalu penuh. dan diamkan beberapa hari sampai unsur hara tanah mulai stabil.

Menanam Cabai

Memindahkan bibit ke polybag

Bibit cabai yang telah disemai dan telah memiliki daun minimal 4 helai (sekitar umur sebulan dari penyemaian) dicabut dan tanam pada polybag yang telah disiapkan tadi. Satu polybag untuk satu tanaman, agar cabai dapat tumbuh subur.

Lakukan penyiraman

Siram tanaman cabai pada pagi dan sore hari untuk menjaga agar menjaga kelembaban, dan cabai mendapat asupan air yang cukup.

Lakukan perawatan

Cabe di polybag juga membutuhkan perawatan seperti cabe untuk pertanian, lakukan pencabutan rumput yang mungkin tumbuh di polybag, dan lakukan perawatan jika hama atau penyakit mulai menyerang.

Itulah beberapa tips cara menanam cabe rawit di polybag, ini juga bisa menjadi solusi keluarga untuk hemat saat harga cabai di pasaran mahal.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 8:08 PM

0 komentar:

Post a Comment